Design

INDONESIA DESIGN WEEK AKAN JADI EVENT YANG WAJIB DIKUNJUNGI OLEH DESAINER

Indonesia Design Week (IDW) hadir mendorong inovasi dan kolaborasi di antara para desainer. Event ini akan terselenggara pada 10-20 Oktober 2024 di Indonesia Design District, PIK 2, Tangerang.

title

FROYONION.COM – Indonesia Design District (IDD) di PIK2 adalah pusat ritel komersial yang mendorong inovasi berkelanjutan dalam komunitas desain. 

Dalam pembukaan resminya, IDD turut mengadakan event Indonesia Design Week (IDW) 2024 pada 10-20 Oktober.

Lewat pergelaran tersebut, IDD juga berupaya untuk mengubah citranya dari sekedar ruang gaya hidup ritel, menjadi pusat desain yang dinamis dan hidup untuk sektor home and living.

BACA JUGA: DESAINER HARUS TAHU! INILAH CARA MEMBUAT COVER ALBUM AGAR SESUAI DENGAN MUSIKNYA

Kehadiran IDD di PIK2 turut menjadi sebuah pusat yang menghubungkan pelaku di industri kreatif, mendorong kolaborasi, dan menggerakkan pertumbuhan yang berkelanjutan. 

Sebelas hari berlangsungnya IDW diharapkan sekaligus menjadi platform global bagi para profesional industri, pengrajin, desainer, dan konsumen untuk terlibat dalam dialog serta hingga kemitraan.

KOLABORASI IDW DENGAN KURATOR TERNAMA

Tidak hanya menyajikan rangkaian acara yang menarik, IDW juga menjalin kolaborasi dengan kurator ternama, yaitu Alvin Tjitrowirjo dan Santi Alaysius. 

Alvin adalah seorang desainer produk kenamaan asal Indonesia. Sepanjang berkarya hingga saat ini, ia telah memenangkan berbagai penghargaan. 

Karya-karya oleh Alvin juga telah dipamerkan di berbagai pameran dunia. Beberapa di antaranya adalah pameran Maison et Objet di Paris, Salone del Mobile di Milan, dan DesignArt Tokyo. 

Alvin juga dikenal dengan ciri khas dalam karyanya yang memadukan sentuhan lokal dalam desain furnitur internasional. Berkat pendekatan inovatif tersebut, Alvin mendapat apresiasi dari para industri desain global.

BACA JUGA: GAYA DESAIN SKANDINAVIA: MINIMALIS, MODERN, DAN HANGAT

Lalu Santi Alaysius adalah salah satu pendiri Domisilium Studio. Karyanya telah meraih berbagai penghargaan atas desainnya untuk hotel Waldorf Astoria Chicago. 

Santi merupakan lulusan Art Institute of Seattle dan Illinois Institute of Art. Ia pun telah dipercaya dalam menangani proyek-proyek bergengsi, termasuk rumah Jennifer Lopez di New York, Kosenda Hotel Jakarta, dan Artotel Yogyakarta. 

BERAGAM PROGRAM KREATIF DALAM IDW

Event IDW turut dimeriahkan oleh para tenan IDD yang berpartisipasi dan menggelar berbagai program acara serta instalasi seni di masing-masing galeri mereka. 

Dalam event IDW terdapat juga  workshop, roundtable discussion, design talks, hingga instalasi interaktif dan pameran. Venue event IDW meliputi Town Hall, Market Hall, dan Mandapa Hall. 

Event IDW juga didukung oleh sejumlah organisasi, antara lain Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI), Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Asosiasi Desainer Produk Indonesia (ADPI), dan Visual Merchandising Indonesia (VMID). 

BACA JUGA: 4 REKOMENDASI FONT ARTSY DARI DESAINER GRAFIS FROYONION

Acara IDW menampilkan bagaimana desain tidak hanya memengaruhi estetika, tetapi juga keberlanjutan dan fungsionalitas 

Dengan menyatukan para ahli dan penggemar desain, IDD bertujuan untuk menjembatani kesenjangan pengetahuan dan mengenalkan tren serta inovasi terbaru. 

IDD memiliki salah satu tujuan utama, yaitu untuk mengedukasi pasar lokal tentang berbagai aspek desain, termasuk desain interior, bahan bangunan, dan tekstil. 

Lewat sejumlah rangkaian kegiatan di atas, event Indonesia Design Week diharapkan dapat menjadi katalis bagi komunitas desain Indonesia. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung