Books

TAK CUMA MUSIK, ADA JUGA KOMUNITAS BUKU KHUSUS KPOPERS INDONESIA

Ada beragam komunitas Kpop Indonesia, salah satunya adalah komunitas buku untuk Kpopers Indonesia. Simak sampai selesai ya biar tahu apa fandom kalian sudah ada komunitas bukunya!

title

FROYONION.COM - Korea Selatan dan pengaruh budayanya yang disebut Kpop telah bertahan lama di dunia hiburan. Tidak hanya itu, Idol Korea juga telah memikat banyak hati penggemar yang biasa dikenal dengan Kpopers. Nah, jadi nggak heran kan kalau saat ini muncul berbagai Komunitas Kpop Indonesia.  

Biasanya, yang paling terkenal dari Komunitas Kpop Indonesia adalah dance. Saat ini, di berbagai daerah telah memiliki komunitas dance seperti di antaranya komunitas dance Kpop Jakarta dan komunitas dance Kpop Surabaya.  

Tapi apa kalian tahu, kalau para Idol Korea ini juga ‘meracuni’ para Kpopers dengan buku-buku yang dibacanya. Sehingga, Komunitas Kpop Indonesia saat ini semakin beragam dengan hadirnya Komunitas Buku untuk Kpopers Indonesia.  

Di Indonesia ada beberapa komunitas buku untuk Kpopers dari berbagai fandom. Jelas dong, ini kebahagiaan buat para pecinta buku dan Kpopers hihi. Karena kalian nggak lagi sendirian sebab sudah ada yang mewadahi hobi dan kecintaan kalian terhadap Kpop dan buku yang dibaca oleh idol Kpop ini.  

Berikut Komunitas Kpop Indonesia untuk pecinta buku dari berbagai fandom:  

1. Army Reading Club 

Army dan book club saat ini sudah ada yang mewadahi jadi satu loh! Berbasis di Instagram @indonesiaarmyreadingclub @literarymy_ @whatbtsreads dan twitter dengan username @IARC_twt kalian pecinta buku dan pecinta BTS bisa banget buat bergabung di komunitas buku ini. 

Disini kalian akan mendapatkan rekomendasi bacaan dari buku-buku yang dibaca para member BTS, reading challengebook challenge, baca bareng Army, unboxing album bersama, bincang buku dan meet-up, giveaway, journaling buku, reading journey sharing challenge. Kalian juga akan mendapatkan list buku-buku yang menjadi inspirasi dari lagu-lagu BTS hingga webinar. Seru banget kan Army?   

2. Day 6 Reads  

Buat kalian yang mau fangirlingan bareng penggemar Day6, ini tempatnya. Berumah di Instagram dan twitter @myday6reads kalian bisa mengikuti rangkaian kegiatan komunitas buku di sini.  

Mulai dari berbagi bacaan, bingo games, reading challenge, hingga kalian bisa hunting buddy reads di komunitas ini. Tentunya semua bacaan dan rekomendasi dari buku-buku yang dibaca para member Day6.  

3. Exo Library  

Buat kalian yang sefandom dan sehobi buat ngomongin Exo dan buku, Komunitas Kpop Indonesia yang menamai dirinya @exolibrary_community dan berbasis di Instagram ini bisa jadi pilihan kalian buat bercuap-cuap barengan loh!  

Menarik banget kan, udah sefandom eh sehobi lagi bergabung di Komunitas Kpop Indonesia yang tertarik dan hobinya di dunia perbukuan dan Exo.  

4. Seventeen's Library  

Carat dan pecinta buku bisa ikutan bergabung di komunitas buku ini loh! Memiliki basecamp di Instagram dan Twitter @17Slibrary kalian para Carat bisa mendapatkan rekomendasi buku bacaan dari para member Seventeen di sini.  

Nggak cuma itu, kalian juga akan mendapatkan ulasan buku-buku yang dibaca member Seventeen baik dalam bahasa indonesia maupun bahasa inggris dan snapshot mengenai sneak peak buku.  

5. Nctzens Bookish 

Mana nih NCT fans club? Buat kalian NCTzen dan pecinta buku, sekarang sudah ada yang menaungi loh! Memiliki basecamp di Twitter, Nctzens Bookish ini memiliki nama akun @readersijeuni. Di sini kalian akan memiliki banyak agenda komunitas yang menarik, seperti reading challenge, bingo reading challengesilent book club, baca bareng, wrap-up bacaan bulanan hingga even kolaborasi bersama penerbit atau komunitas buku dari fandom lain. Menarik banget ya Nctzen? 

6. Stay Reading Club

Stay Stay Indonesia mana suaranya? Kalian yang ngebias Stray Kids dan suka baca buku, ada Komunitas Kpop yang harus kalian ikuti. Pastinya kalian akan punya teman baca buku bareng, dapat rekomendasi bacaan, ikutan  meet up di space Twitter dan tentunya acara-acara kolaborasi bersama komunitas-komunitas buku fandom lainnya. Tertarik kan? Bisa kalian temukan basecamp-nya di Twitter @staysread ya!   

7. Teume Book Club 

Idola kalian Treasure dan suka baca buku? Pas banget nih, karena Teume sudah memiliki komunitas buku yang basecamp-nya ada di Twitter. Komunitas buku @readwithteume ini akan menemani para Teume pecinta buku biar jadi satu loh! Di sini kalian bisa ikutan bincang buku bareng di space, mendapatkan rekomendasi buku dari para member Treasure yang akan di list oleh adminnya, rekomendasi playlist teman baca buku, reading challenge bersama teman baca yang sefandom dan sehobi. Menarik sekali kan? 

8. Atiny Reading Club

Siapa nih yang biasnya Ateez terus kalian juga tertarik sama dunia perbukuan? Atau bahkan kalian pecinta buku? Nah Atiny, fandom dari Ateez sudah memiliki komunitas buku untuk mewadahi hobi kalian. Memiliki rumah di Instagram dan Twitter dengan username yang sama @atinythereades, di sini adminnya akan menginformasikan buku-buku rekomendasi yang dibaca member Ateez, reading challenge, ulasan buku, seru-seruan kolaborasi dengan fandom komunitas buku lain. 

Pastinya kalian akan menambah teman baca sefandom dan sehobi atau bahkan kalian bisa diskusi dan ikutan event bersama penerbit dan bertemu teman fandom lainnya. 

9. Black Rose Reading Garden 

Buat para Black Rose yang cintanya sama buku dan kepo apa saja sih bacaan dari para member The Rose, kalian bisa bergabung di @Bibliobrose di Twitter loh! Di sini bisa menjadi wadah kalian yang sefandom dan sehobi ngobrolin The Rose dan buku-buku. 

Kalian bisa ikutan kegiatan komunitas buku ini mulai dari challenge membaca satu buku selama satu bulan, Black Rose reading journal, kolaborasi event dengan komunitas buku fandom-fandom lainnya dan penerbit. Selain itu pastinya kalian akan mendapatkan rekomendasi buku sesuai lagu-lagunya The Rose, so, menarik kan Black Rose?

10. Youthniverse

Baca buku sambil ngebias ayang idol dan semua fandom sudah ada tempatnya loh Kpopers! Buat kalian fans idol siapa saja, bahkan aktor dan aktris dari Korea Selatan, sekarang sudah diwadahi oleh @Youthniverse

Di sini kalian akan menemukan berbagai kegiatan pecinta buku yang menarik. Para adminnya di Twitter akan merekomendasikan bacaan dari para idol, aktor dan aktris, update bacaan dari idola. Mengadakan reading challenge berhadiah, seru-seruan bersama fandom lain, idol’s library, dan lain-lainnya. 

Kalian yang cuma satu fandom atau multifandom, bisa kalian temui bacaan di sini. Pastinya juga, kalian akan punya buddy read. Seru banget kan? Ngebias melalui buku. 

Nah, itu dia beberapa Komunitas Kpop Indonesia bagi kalian Kpopers yang suka sama dunia perbukuan. Fangirling-an jadi makin seru dan bisa tercermin melalui buku-buku. Kalian bisa pilih sesuai fandom kalian ataupun multifandom. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lailatul Nur Aini

Penikmat kata yang meleburkan diri dalam rangkaian sejalan. Keep in touch! Bisa banget chit-chat sama gue melalui DM Instagram