Beauty

TIPS MAKEUP NATURAL UNTUK COWOK BIAR TAMPAN MAKSIMAL

Kata siapa cowok nggak boleh makeup? Simak tips ini biar kalian paham tips makeup natural untuk cowok dan bisa tampan secara maksimal!

title

FROYONION.COMDi zaman sekarang, kaum adam atau cowok semakin percaya diri untuk merawat kulit wajah. Berbeda dengan zaman dulu, cowok seperti itu malah dikaitkan dengan karakter pria flamboyan karena identik dengan perilaku perempuan.

Namun, seiring berkembangnya media sosial, pola pikir terhadap cowok juga bergeser. Kini, cowok tak ragu melakukan perawatan di klinik kecantikan sampai mengenakan beberapa rangkain skincare.

Tak jarang, demi bisa tampil tampan secara maksimal, sebagian cowok juga mulai akrab dengan makeup. Meski lebih sering dikenakan oleh cewek, pada dasarnya penggunaan makeup antara cowok dengan cewek itu berbeda.

Riasan makeup pada cowok tergolong natural dan memiliki tujuan sederhana untuk menyamarkan noda bekas jerawat, flek hitam, menyamakan warna kulit dan pori-pori. Jadi, produk yang digunakan tak sebanyak riasan makeup pada cewek.

Oleh karena itu, jika kalian sedang mencari tips makeup natural untuk cowok, kalian berada pada jalan yang tepat. Simak tips selengkapnya lewat artikel berikut ini supaya bisa tampan maksimal!

BACA JUGA: 3 ALASAN KENAPA COWOK SKINCARE-AN ITU BELUM TENTU LEMAH

PELEMBAB

Tips pertama, gunakanlah pelembab untuk membuat kulit wajah tetap lembab dan mengurangi kusam. Pelembab juga berfungsi dalam memberikan hasil alas bedak (foundation), concealer, dan bedak tabur (loose powder) yang merata dan mulus.

Di samping itu, jangan sembarangan memilih pelembab. Pilihlah pelembab yang nyaman di kulit. Jika kulit sedang berjerawat, kalian dapat menggunakan pelembab bertekstur gel yang mudah meresap.

SUNSCREEN

Kenapa sunscreen wajib kalian gunakan saat makeup? Perlu diketahui bahwa sunscreen dapat melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV. Bahkan, suncreen juga akan membuat hasil makeup nggak cepat rusak.

Jadi, tips kedua ini dapat kalian kenakan setelah pengaplikasian pelembab. Pilihlah tekstur sunscreen yang ringan, sehingga nyaman digunakan pada kulit yang normal ataupun berjerawat. Saat ini pun marak sunscreen yang memberikan efek mencerahkan kulit.

LIQUID FOUNDATION

Tips ketiga, pakailah alas bedak atau foundation dengan tekstur cair atau liquid. Meski tersedia jenis foundation padat. Namun, foundation bertekstur cair akan memberikan hasil makeup yang jauh lebih tahan lama dan ramah di kulit karena teksturnya yang cepat meresap.

Dalam memilih foundation, kalian dapat memilih warna atau shade yang mendekati warna asli kulit wajah. Seperti kulit sawo matang yang cocok dengan kode warna natural beige atau sand beige. Jadi, jangan takut terlalu putih, selagi mencocokkan terlebih dahulu dan aplikasikan foundation secara tipis-tipis melalui kuas.

CONCEALER

Para cowok yang ingin menyamarkan bekas noda jerawat, flek hitam, sampai kantung mata yang membandel bisa kalian samarkan dengan penggunaan concealer. Sama seperti liquid foundation, pilihlah concealer dengan tekstur yang ringan agar mudah kalian aplikasikan pada kulit wajah.

Concealer berwarna pink akan mencerahkan area kantong mata, kemudian concealer berwarna hijau akan menutupi noda-noda bekas jerawat, sementara concealer dengan warna netral atau beige bisa menyamarkan noda bekas jerawat, ataupun kantong mata yang begitu hitam. Jadi, kalian bisa memilih warna concealer yang tepat, ya!

LOOSE POWDER

Tips keempat, waktunya kalian baurkan loose powder atau bedak tabur untuk hasil akhir agar riasan makeup menjadi lebih awet. Teksturnya yang ringan akan membantu mengunci pemakaian foundation dan dapat mengontrol produksi minyak.

Yap, gunakan warna bedak yang nggak terlalu putih dan juga terlalu gelap alias hampir mendekati warna kulit. Warna-warna netral seperti natural beige atau sand beige dapat kalian pilih. Kemudian, aplikasikan bedak dengan kuas berukuran lebih besar supaya merata di seluruh wajah.

BROW GEL

Umumnya, brow gel hampir memiliki fungsi yang sama dengan brow pencil. Namun, khusus bagi cowok, penggunaan brow gel dapat mengendalikan alis agar nggak cepat berantakan sehingga menjaga bentuk alis. Selain itu, brow gel biasanya nggak berwarna atau bening, jadi, nggak bikin alis kalian terlalu hitam seperti memakai brow pencil.

Dalam pengaplikasiannya, kalian nggak perlu ribet karena brow gel dilengkapi dengan aplikator atau pemulas yang sesuai dengan kontur dan bentuk alis kalian. Sedikit tips, jika alis kalian terlalu tipis, maka kombinasikan dengan brow pencil untuk hasil yang ciamik.

LIP GLOSS

Selanjutnya, tips yang satu ini jangan sampai kalian lewatkan. Pulaskan lip gloss pada seluruh area bibir untuk membantu menunjang riasan makeup agar kulit bibir lebih lembab, dan kandungan seperti emollient yang menyamarkan garis-garis kulit di bibir agar halus, dan kenyal.

Biar nggak mencolok atau menor, gunakanlah lip gloss dengan warna merah alami atau warna yang mendekati warna asli kulit bibir. Kalian bisa mengaplikasikan lip gloss berulang kali tanpa khawatir membuat bibir jadi lebih merah karena warnanya yang tak terlalu pekat.

FACE MIST

Tips terakhir, jika perlu, pakailah face mist yang berfungsi menghidrasi kulit wajah dan dapat mengunci hasil riasan makeup agar lebih tahan lama. Semprotkan secara merata face mist pada area wajah dengan membentuk pola lingkaran dan pada sudut leher.

Mirip seperti penggunaan lip gloss, aplikasikan face mistlebih dari satu kali untuk menjaga hasil makeup, dan menyegarkan wajah, hingga meningkatkan antioksidan pada kulit wajah.

Itulah tips makeup natural untuk cowok biar tampan maksimal. Kuncinya hanya satu, aplikasikan tips di atas secara merata dan jangan terlalu tebal supaya menciptakan hasil riasan makeup yang natural. Kalian juga dapat memilih produk kosmetik yang terjangkau dan kini tersedia banyak di pasaran. Happy grooming, bro! (*/)

BACA JUGA: 5 JENIS PRODUK BUAT STYLISH RAMBUT PRIA

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas