Beauty

TAK PERLU BELI SKINCARE, CUKUP GUNAKAN 5 BAHAN ALAMI INI UNTUK PERCANTIK KULITMU

Bahan alami menjadi alternatif utama dalam mempercantik kulit. Berikut 5 bahan alami di sekitarmu yang biasa dimanfaatkan sebagai skincare.

title

FROYONION.COM - Dalam beberapa tahun terakhir, perhatian konsumen terhadap bahan alami dalam skincare semakin meningkat. Bahan alami dianggap lebih aman dan efektif dalam merawat kulit, dibandingkan dengan bahan kimia yang sering digunakan dalam produk-produk skincare

Hal ini memicu pergeseran baru dalam dunia kecantikan. Sehingga banyak orang mulai meramu bahan alami menjadi skincare pribadi. Dan resep pembuatan skincare yang terdapat dalam bahan alami mulai diburu dan dijadikan pilihan untuk mempercantik kulit. Beberapa bahan alami yang sering ditemukan dalam skincare adalah minyak alami, madu, aloe vera, chamomile, dan green tea. Maka dalam artikel ini, kita akan membahas tentang bahan-bahan tersebut dan manfaatnya untuk kesehatan kulit.

1. MINYAK ALAMI

Minyak alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak jojoba sering digunakan dalam produk skincare. Minyak kelapa, terutama minyak kelapa murni, kaya akan asam lemak yang dapat membantu menghidrasi dan melembapkan kulit. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung vitamin E dan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan radikal bebas.

Minyak zaitun juga mengandung asam lemak dan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit. Minyak zaitun dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari. Sedangkan minyak jojoba sangat mirip dengan sebum, minyak alami yang diproduksi oleh kulit kita. Oleh karena itu, minyak jojoba dapat membantu mengatur produksi minyak alami pada kulit dan membantu menjaga kelembapan kulit.

Beberapa penelitian mengkonfirmasi manfaat minyak alami untuk kesehatan kulit, seperti penelitian yang dilakukan pada tahun 2018 oleh Lourith et al. menunjukkan bahwa penggunaan minyak kelapa pada kulit dapat membantu meningkatkan kelembapan kulit dan mengurangi hilangnya air pada kulit. Selain itu, minyak kelapa juga dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit.

Kemudian penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 oleh Lin et al. menunjukkan bahwa penggunaan minyak kelapa pada kulit dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi tampilan kerutan pada kulit.

2. MADU

Madu adalah bahan alami yang kaya akan nutrisi dan antioksidan yang baik untuk kulit. Madu memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan peradangan. Selain itu, madu juga dapat membantu menghidrasi dan melembapkan kulit. Penggunaan madu pada kulit juga dapat membantu memperbaiki tekstur dan elastisitas kulit.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 oleh Kwon et al. menunjukkan bahwa penggunaan madu pada kulit dapat membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit dan memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari. Hal ini berarti madu membuat kulit terasa lebih lembab dan terjaga keputihannya.

3. ALOE VERA

Aloe vera adalah tanaman yang dikenal karena kemampuannya dalam mengatasi masalah kulit seperti iritasi dan luka. Gel dari daun aloe vera mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Aloe vera dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari. Selain itu, aloe vera juga dapat membantu menghidrasi dan melembapkan kulit.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 oleh Chithra et al. menunjukkan bahwa penggunaan gel aloe vera pada kulit dapat membantu meningkatkan kelembapan kulit dan mengurangi peradangan pada kulit. Selain itu, aloe vera juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

Kemudian Choi et al. pada tahun 2014 juga mengkonfirmasi hal yang sama, bahwa penggunaan aloe vera pada kulit dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

4. CHAMOMILE

Chamomile adalah bunga yang sering digunakan dalam produk skincare karena sifatnya yang menenangkan dan mengurangi peradangan pada kulit. Chamomile mengandung azulene, senyawa yang dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit. Selain itu, chamomile juga dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan menghidrasi kulit.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 oleh Srivastava et al. menunjukkan bahwa penggunaan chamomile pada kulit dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit dan meningkatkan kelembapan kulit. Selain itu, chamomile juga dapat membantu mengurangi tampilan bekas jerawat pada kulit.

5. GREEN TEA

Green tea mengandung banyak antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Antioksidan pada green tea dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV. Green tea juga mengandung epigallocatechin gallate (EGCG), senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, green tea juga dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit dan mengatasi masalah kulit seperti jerawat.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 oleh Sari et al. menunjukkan bahwa penggunaan green tea pada kulit dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit dan mengurangi peradangan pada kulit. Selain itu, green tea juga dapat membantu mengurangi tampilan bekas jerawat pada kulit.

Itulah 5 bahan alami yang bisa kamu jadikan sebagai alternatif skincare untuk menyehatkan dan mempercantik kulitmu. Penggunaan bahan alami ini terbilang sangat bagus, karena khasiat bahan alami yang biasanya lebih aman dan tidak menyebabkan iritasi atau alergi pada kulit. Hal ini berbeda dengan bahan buatan yang sering kali mengandung bahan kimia yang berbahaya dan dapat menyebabkan iritasi atau alergi pada kulit.

Selain itu, bahan alami biasanya bersumber dari alam dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya, sehingga lebih ramah lingkungan. Penggunaan bahan alami juga dapat membantu mengurangi penggunaan bahan buatan yang dapat mencemari lingkungan. Maka dengan mengedepankan dua manfaat tersebut, kamu bisa memanfaatkan bahan alami untuk keperluan kecantikanmu. Kamu tidak perlu merogoh lebih banyak uang, cukup gunakan bahan alami di sekitarmu untuk tampil menarik dan menawan di depan semua orang. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhammad Nur Faizi

Reporter LPM Metamorfosa dan menjadi Junior editor di Berita Sleman.