Beauty

DEADLINE SKINCARE, KAPAN WAKTUNYA SKINCARE BEKERJA MAKSIMAL DI KULIT

Baru aja pakai serum semingguan, udah ngarep hasilnya maksimal. Tunggu dulu beberapa waktu lagi, deh. Ada deadline yang harus dipenuhi skincare supaya bekerja maksimal pada kulit.

title

FROYONION.COM – Pemakaian produk perawatan kulit biasanya dibarengi ekspektasi bahwa kondisi kulit akan membaik setelah beberapa waktu. Entah tekstur kulit yang semakin halus, warna kulit merata, jerawat mereda dan lain-lain.

Tapi, perlu diketahui juga kalau produk skincare punya deadline. Deadline di sini tuh artinya, perkiraan durasi pemakaian suatu ingredient tertentu sampai efeknya terlihat pada kulit pemakainya. Sebelum mencapai deadline, ada baiknya untuk nggak banyak berharap terlebih dulu. 

Ini karena tiap ingredient butuh waktu untuk bekerja secara maksimal dalam memperbaiki kerusakan pada kulit. Durasi waktunya juga berbeda-beda tergantung pada bahan aktif dan manfaat yang hendak dicapai. Yuk, simak deadline skincare di bawah ini biar kalian bisa menjaga ekspektasi ketika memakai produk tertentu. 

1. AHA (alpha hydroxy acid)

Bahan satu ini biasa dipasarkan dengan nama glycolic acid, lactic acid, tartaric acid atau mandelic acid. Ia termasuk dalam golongan eksfoliator yang mampu mengikis sel-sel kulit mati pada kulit dan cocok digunakan untuk pemilik kulit kering dan berkeriput. 

Supaya bisa menunjukkan efek maksimal dalam mengurangi tekstur, pakai secara rutin selama satu hingga dua minggu. Sementara manfaat lainnya dalam memudarkan hiperpigmentasi baru akan terlihat setelah pemakaian rutin selama empat hingga dua belas minggu. Sabar dikit, ya! 

BACA JUGA: TIPS DAN TRIK MAKSIMALKAN SKINCARE YANG NGGAK COCOK DI WAJAH 

2. BHA (beta hydroxy acid)

Sama seperti AHA, BHA juga termasuk dalam eksfoliator dengan fungsi utama mengikis lapisan sel kulit mati. Bedanya, BHA lebih ditujukan pada pemilik kulit berminyak karena kemampuannya untuk larut dalam minyak. Skincare dengan kandungan BHA biasanya dipasarkan dengan nama salicylic acid

Fungsi utama dari BHA adalah mengurangi komedo serta merawat jerawat. Untuk mencapai manfaat mengurangi komedo, butuh waktu maksimal hingga dua minggu. Sementara untuk melihat manfaatnya dalam merawat jerawat, butuh waktu antara empat hingga delapan minggu. 

3. Hyaluronic acid

Nah, kalau yang satu ini nggak butuh waktu berminggu-minggu sampai hasil maksimalnya terlihat. Hyaluronic acid memiliki manfaat menghidrasi kulit yang hasilnya langsung akan bisa terlihat dalam beberapa jam setelah pemakaian. 

Kulit bakal langsung jadi lembab dan plumpy setelah menggunakan skincare dengan kandungan asam hyaluronat. Kelembaban ini juga dapat bertahan hingga beberapa jam sebelum efeknya perlahan pudar dan kita harus aplikasikan ulang agar efeknya bisa kembali didapat. 

4. Vitamin C

Bahan aktif ini dapat digunakan pada pagi hari sebelum sunscreen. Manfaatnya terutama sebagai antioksidan, mengurangi kerutan hingga membantu memudarkan hiperpigmentasi pada kulit.

Untuk mendapatkan manfaat antioksidan, kita akan dapat langsung mendapatkannya setelah pemakaian. Itulah mengapa serum vitamin C cocok digunakan pada pagi hari sebelum sunscreen sebagai booster antioksidan supaya kulit semakin terlindungi dari sinar matahari. 

Sementara untuk mendapatkan manfaatnya dalam memudarkan hiperpigmentasi, harus menunggu sampai delapan hingga dua belas minggu pemakaian rutin. Manfaat lain dalam mengurangi kerutan baru akan mulai terlihat setelah pemakaian rutin dalam kurun waktu dua belas sampai delapan belas minggu. 

BACA JUGA: TIPS MEMBAWA SKINCARE SAAT TRAVELLING

 5. Niacinamide

Bahan aktif satu ini populer banget digunakan dalam serum wajah, terutama yang punya manfaat dalam mencerahkan wajah, melindungi skin barrier hingga memudarkan flek hitam atau hiperpigmentasi pada wajah. 

Tapi, tentunya niacinamide butuh waktu untuk bekerja secara maksimal pada wajah. Untuk bisa mendapatkan manfaat mencerahkannya, tunggu dulu ya antara tiga hingga empat minggu. Efek memudarkan hiperpigmentasi juga baru bisa terlihat setelah pemakaian rutin antara delapan hingga dua belas minggu. 

6. Retinol

Retinol biasa disebut sebagai gold standard bagi skincare anti aging. Ini karena memang fungsi utama dari turunan vitamin A ini adalah sebagai anti penuaan serta bisa juga digunakan untuk merawat jerawat. 

Untuk bisa mendapat manfaat anti agingnya, pemakaian retinol harus secara rutin selama delapan hingga dua belas minggu. Sementara supaya bisa mendapat efek perawatan pada jerawat, harus menunggu lebih lama antara dua belas hingga dua puluh empat minggu. 

7. Ceramide

Ceramide biasa ditemukan dalam produk moisturizer dengan fungsi utama melembabkan, melindungi skin barrier hingga anti penuaan. Efek lembabnya sendiri akan langsung terasa setelah pemakaian. 

Sementara untuk manfaat perlindungan pada skin barrier akan terlihat setelah pemakaian antara dua hingga empat minggu. Mau lihat ingredient ceramide sebagai agent anti aging? Tunggu setelah empat hingga dua belas minggu pemakaian, ya. 

8. Benzoyl peroxide

Bahan aktif ini sudah terkenal akan manfaatnya dalam merawat jerawat. Efeknya pada kulit akan mulai terlihat setelah delapan minggu pemakaian rutin.  

BACA JUGA: 5 REKOMENDASI SKINCARE LOKAL YANG PAS DI KANTONG ANAK MUDA 

Nah, sekarang gimana kalau skincare yang digunakan sudah melewati deadline di atas tapi tetep nggak keliatan efeknya? Jangan buru-buru cari penggantinya, tapi coba kasih waktu lebih antara satu hingga dua bulan sebelum berpaling ke produk lain. Soalnya, ada beberapa faktor yang membuat efek skincare bisa berbeda-beda di tiap orang.  

Pertama, kondisi awal masalah kulit. Makin parah kondisi awal kulit maka otomatis akan butuh waktu lebih lama dalam perawatannya. 

Kedua, disiplin dalam memakai skincare. Penggunaan yang rutin akan membantu banget dalam mendapatkan manfaatnya dalam waktu yang lebih pendek. Penting untuk membuat jadwal penggunaan skincare harian dan patuh pada jadwal tersebut biar manfaatnya bisa segera terasa. 

Ketiga, formulasi produkSkincare dengan bahan aktif yang sama namun berbeda dalam pengolahan, campuran maupun grade produk akan membuat efeknya juga akan berbeda.  

Jadi, deadline di atas hanya sebagai patokan saja, ya. Sifatnya nggak mutlak dan bisa lebih lama ataupun lebih cepat tergantung pada beberapa faktor di atas. Penting juga untuk mencatat tanggal awal pemakaian supaya kalian bisa memperkirakan kapan skincare yang digunakan ini akan mulaI menunjukkan hasilnya. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read