Beauty

CEK 6 HAL INI UNTUK MEMASTIKAN SKINCARE KALIAN ORIGINAL ATAU ABAL-ABAL

Tanpa harus uji lab, ada beberapa trik mudah untuk mengetahui apakah produk perawatan kecantikan yang kalian beli dan pakai itu original atau abal-abal.

title

FROYONION.COM - Cantik itu mahal dan butuh perjuangan, katanya. Salah satu hal yang biasa dilakukan untuk merawat kecantikan adalah dengan menggunakan rangkaian skincare setiap hari. 

Produk skincare sendiri sudah sangat banyak tersedia di pasaran. Mulai dari yang target pasarnya remaja dan dibanderol murah meriah sampai yang seharga DP motor karena memang menyasar mereka yang berduit.

Di pasaran, bukan sekali dua kali pula ditemukan skincare abal-abal alias palsu. Produk perawatan kecantikan ini tentunya menggunakan bahan-bahan yang tidak aman dan justru membahayakan kulit, terutama jika digunakan dalam jangka waktu panjang.  

SKINCARE ORIGINAL
Demi kesehatan kulit, pastikanlah bahwa skincare yang kalian gunakan tidak abal-abal.

Untuk mengetahui secara jelas dan pasti bahwa produk tersebut mengandung bahan-bahan berbahaya, diperlukan uji laboratorium untuk membuktikannya. Namun, pengujian seperti ini tentu makan biaya dan waktu yang tidak sedikit.

Ada trik cepat dan mudah yang bisa kalian lakukan untuk memastikan apakah produk skincare yang kalian beli dan pakai itu original atau abal-abal. Cukup dengan perhatikan kemasannya dan apakah sudah mencakup enam poin di bawah ini atau tidak. 

BACA JUGA: DEADLINE SKINCARE, KAPAN WAKTUNYA SKINCARE BEKERJA MAKSIMAL DI KULIT

1. ADA MERKNYA 

Skincare asli tentu akan menyertakan nama merk pada kemasannya. Biasanya, nama merk ini akan dicetak dengan tulisan paling besar agar jelas terbaca. 

Hindari  membeli apalagi menggunakan skincare yang tidak jelas nama merknya, atau bahkan tidak ada merknya sama sekali. Bisa dipastikan itu adalah produk abal-abal yang tidak jelas apa isi dan manfaatnya.

2. ADA INGREDIENTS-NYA

Selain merk, pastikan skincare kalian juga memasukkan daftar bahan-bahan yang ada di dalamnya. Biasanya, list ingredients ini ada di kemasan bagian belakang. 

Daftar bahan dalam produk perawatan kecantikan juga akan membantu kalian apabila hendak mencari tahu sebenarnya apa sih manfaat dari penggunaan bahan-bahan tersebut.  

Fun fact, nama ingredients yang tertulis ini semakin ke bawah akan semakin sedikit persentasenya. Artinya, ingredients yang tertulis paling atas adalah yang paling besar persentasenya. Dari sini, kalian juga bisa mengetahui bahan-bahan apa saja yang paling dominan pada produk tersebut.

BACA JUGA:

YUK, KENALAN DENGAN ANEKA INGREDIENTS SKINCARE PALING UMUM DITEMUKAN DALAM PRODUK KECANTIKAN

3. ADA CARA PAKAINYA

Cara pakai ini mungkin nggak akan kalian baca, tapi penting untuk ada pada sebuah produk skincare. Pasalnya, ada beberapa bahan aktif tertentu yang sebaiknya hanya digunakan pada saat-saat tertentu sehingga wajib tercantum dalam cara pakai. 

Misalnya, retinol dan eksfoliator seperti AHA, BHA dan PHA hanya boleh digunakan pada malam hari. Sementara produk tabir surya umumnya hanya akan digunakan pada siang hari.

Selain menjadi panduan sebelum mulai menggunakan, cara pakai juga jadi salah satu indikator apakah skincare yang kalian beli itu original atau abal-abal. 

4. PABRIK TEMPAT PRODUKSI

Kelihatannya sepele dan biasanya juga nggak akan terlalu kita perhatikan, tapi lokasi pabrik tempat produksi ini juga jadi pertanda bahwa skincare itu original. Adanya lokasi dan nama pabrik akan membuat konsumen yakin bahwa produk yang digunakannya itu aman.

Skincare palsu biasanya merupakan produk olahan di rumah yang nggak jelas takarannya. Inilah mengapa skincare abal-abal nggak akan menyertakan alamat pabrik tempatnya diproduksi.

5. BATCH NUMBER & EXPIRED DATE

Penting untuk selalu memastikan skincare kalian belum melewati tanggal kadaluwarsanya. Cek di expired date yang biasa tercetak di kemasan produk. Untuk produk dalam kemasan tube, expired date ini biasanya ada di bagian atas kemasan.

Penulisan expired date biasanya menggunakan singkatan EXP atau ED. Beberapa produk biasanya akan turut memasukkan tanggal produksi yang disingkat MFG (Manufacturing) atau MD. Jangan sampai tertukar antara MD dan ED, ya!

Sedikit info untuk kalian yang gemar berburu skincare murah di event tanggal kembar, biasanya ada produsen yang menjual murah skincare dengan kode NED. Kode ini adalah singkatan dari Near Expired Date, yang artinya tanggal kadaluwarsanya sebentar lagi. 

BACA JUGA: TIPS DAN TRIK MAKSIMALKAN SKINCARE YANG NGGAK COCOK DI WAJAH

6. NOMOR BPOM

Ini yang terpenting dan nggak boleh sampai ketinggalan. Pastikan produk skincare kalian sudah terdaftar di BPOM. Tanda bahwa produk tersebut terdaftar BPOM adalah ada nomor kode BPOM-nya.

Nggak hanya itu, pastikan juga nomor BPOM yang tertera benar-benar sudah terdaftar di website BPOM. Cek melalui cekbpom.pom.go.id, cari berdasarkan nomor registrasi lalu masukkan nomor BPOM pada kemasan. Jika benar hasil yang keluar adalah produk tersebut, maka itu artinya skincare kalian original.

Nomor BPOM ini jadi faktor yang paling valid untuk mengetahui apakah produk skincare itu original atau abal-abal. Pasalnya, tiap produk skincare yang dijual di Indonesia harus melalui tahapan pengujian oleh BPOM sebelum dinyatakan aman dan layak jual.  

Perlu diketahui juga bahwa satu nomor BPOM hanya berlaku untuk satu produk, bukan untuk keseluruhan merek. Jika dalam satu rangkaian skincare terdapat satu produk yang nggak ada nomor BPOM-nya, maka jangan ragu untuk nggak memakai produk tersebut karena bisa dipastikan produknya nggak aman.

Nomor BPOM juga nggak bisa digantikan oleh sertifikat halal ataupun sertifikat keaslian produk. Modus produsen skincare abal-abal biasanya adalah nggak menyertakan nomor BPOM namun dengan percaya diri mengatakan produknya halal dan original karena ada sertifikat keasliannya.

Walaupun produsen nakal akan menggunakan berbagai cara, namun kita sebagai konsumen harus lebih pintar lagi. Cermat dalam memilih skincare yang aman nggak hanya akan menyelamatkan kulit kita dari bahaya kerusakan, tapi juga dompet kita dari potensi mengeluarkan lebih banyak uang guna mengobati kerusakan akibat pemakaian skincare abal-abal. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read